Contoh Software Enterprise Resources Planning (ERP)

Semua

ERP ( Enterprise Resource Planning ), atau secara harafiah berarti " Perencanaan sumber daya perusahaan ", adalah sistem informasi komputerisasi yang berperan penting pada operasional sebuah perusahaan. Pada sebuah perusahaan, Software ERP digunakan untuk mengintegrasikan setiap bagian yang ada pada perusahaan tersebut untuk dapat mengakses informasi yang bertujuan untuk kepentingan pencapaian hasil maksimal perusahaan itu sendiri.

 

Software ERP

 

 

Contoh Software ERP opensource

Ada banyak software ERP yang telah beredar di pasaran seperti:  SAP, JDE , BAAN , MFGpro, Protean ,Compiere,Adempiere , One  Soft SME Bussiness Solution dan lain-lain.

Salah satu softwre ERP (Enterprice Resource Management ) yang opensource yaitu Compiere. Software compiere jarang digunakan pada perusahaan yang sangat besar, biasanay digunakan di perusahaan tingkat menengeh kebawah seperti UKM.

Pengenalan SAP

SAP merupakan software yang banyak dipakai di perusahaan besar untuk mendukung integrasi proses bisnis. Lima tahun terakhir, di perusahaan negara-negara Asia, termasuk Indonesia, sedang gencar-gencarnya mengimplementasikannya. Software buatan Jerman ini telah lama dipakai di perusahaan besar Eropa dan Amerika.

Di Indonesia, banyak perusahaan besar yang telah mengimplementasikan SAP, misalnya Astra International, Toyota Astra Motor, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bentoel Prima, United Tractor, Daihatsu Motor, Pertamina, Aqua, Telkomsel, Auto 2000, Blue Bird dan masih banyak perusahaan lagi yang tidak mungkin disebutkan satu persatu. Modul yang diimplementasikan tiap perusahaan pun beragam. Ada yang hanya memakai untuk keperluan area tertentu seperti Financial Accounting saja atau Sales and Distributon saja, namun banyak pula yang mengintegrasikan beberapa modul.

Apa itu SAP?

SAP (System Application and Product in data processing ) adalah suatu software yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif. SAP merupakan software Enterprise Resources Planning (ERP), yaitu suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

SAP terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi/terhubung yang satu dengan lainnya.

Modul-modul dalam SAP

SAP terdiri dari modul-modul aplikasi sebagai berikut :

  1. SD-Sales & Distribution: membantu meningkatkan efisiensi kegiatan operasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order (proses sales, shipping dan billing)
  2. MM-Materials Management: membantu menjalankan proses pembelian (procurement) dan pengelolaan inventory
  3. PP-Production Planning: membantu proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi (manufacturing) suatu perusahaan.
  4. QM-Quality Management: membantu men-cek kualitas proses-proses di keseluruhan rantai logistik
  5. PM-Plant Maintenance: suatu solusi untuk proses administrasi dan perbaikan sistem secara teknis
  6. HR-Human Resources Management: mengintegrasikan proses-proses HR mulai dari aplikasi pendaftaran, administrasi pegawai, management waktu, pembiayaan untuk perjalanan, sampai ke proses pembayaran gaji pegawai
  7. FI-Financial Accounting: Mencakup standard accounting cash management (treasury), general ledger dan konsolidasi untuk tujuan financial reporting.
  8. CO-Controlling: Mencakup cost accounting, mulai dari cost center accounting, cost element accounting, dan analisa profitabilitas
  9. AM-Asset Management: Membantu pengelolaan atas keseluruhan fixed assets, meliputi proses asset accounting tradisional dan technical assets management, sampai ke investment controlling
  10. PS-Project System: Mengintegrasikan keseluruhan proses perencanaan project, pengerjaan dan kontrol

Artikel terkait

Berikan Komentar

Sudah siap bekerja sama dengan kami ?

HUBUNGI KAMI